Sebelum Terjadi Penyesalan..?? Sebaiknya Anda Harus Paham Kode Warna Rahasia Pada Kemasan Obat,..!! Jangan Sampai Salah Pakai...!!

Ketika Anda sakit, terutama sakit ringan seperti sakit kepala atau nyeri 0tot, kita sering mengonsumsi obat counter atau obat bebas yang dijual tanpa ada resep dokter.
Anda bisa peroleh obat jenis ini dengan gampang di apotik, toko obat, bahkan di warung-warung kecil.

Beberapa contoh obat bebas atau obat counter yakni obat flu, obat batuk, obat sakit kepala, salep kulit, obat maag, dan obat pereda nyeri.

Semua obat counter memiliki label pada kemasannya. Label itu di isi informasi paling utama isi obat, langkah konsumsi yang aman, tanda-tanda dan kontra tanda-tanda atau resikonya yang bisa nampak pada keadaan tertentu.

Umumnya orang yang mengkonsumsi obat, semestinya membaca dulu informasi yang terdaftar di label.

Tentu, Anda tidak ingin sakit yang awal mulanya ringan jadi jadi berat akibat tidak mengerti bila Anda alergi pada satu di antara kandungan di dalam obat yang Anda minum.

Pada paket atau brosur obat, biasanya ada pula lambang atau tanda spesial berupa : 

⧫ Lingkaran hijau dengan garis pinggir berwarna hitam yakni tanda khusus obat bebas.

⧫ Lingkaran biru  dengan garis pinggir berwarna hitam yakni sinyal spesial obat bebas terbatas.

⧫ Lingkaran merah berarti obat psikotropika adalah obat alamiah maupun sintetis bukan narkotik, yang             menyebabkan perubahan mental dan perilaku.

⧫ Lingkaran tanda plus merah adalah obat narkotika yang berasal dari tanaman atau bukan dari tanaman          sintetis maupun semi sintetis yang dapat mempengaruhi kesadaran.

Yang dimaksud obat terbatas adalah Obat bebas terbatas yaitu obat yang sebenarnya termasuk obat keras tetapi masih tetap dapat dijual atau dibeli bebas tanpa ada resep dokter, dan diikuti dengan sinyal peringatan.


Nah demikian penjelasan kami mengenai tanda/simbol dalam kemasan obat..
Semoga bermenfaat... Amin

Subscribe to receive free email updates: