Tahukah anda tips hidup sehat ala Rasulullah SAW, Begini cara ya

Mendengar Nama Nabi Besar Muhammad SAW, siapa yang tidak berdecak kagum, banyak yang meidolakan ya bahkan bermimpi untuk bertemu dengan NYA (termasuk saya, hehe), tapi bukan itu yang akan saya bahas kali ini, tetapi Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Di terapkan Semasa Hidupnya.


5 cara hidup sehat ala rasulullah 


1. Duduk Waktu Makan Dan Minum 
Waktu sedang makan atau minum, Rasulullah senantiasa duduk dalam menjalaninya. Waktu seorang duduk, dengan cara medis ternyata rongga dalam system pencernaan (perut) berbeda apabila seseorang dalam keadaan posisi berdiri.

Rongga dalam system pencernaan jadi lebih terbuka waktu makanan atau minuman ditelan jadi system pencernaan badan sudah siap menerimanya. Saat pencernaan makanan sudah siap, jadi tak ada paksaan supaya system pencernaan itu bekerja secara keras.

Tidak sama apabila makan serta minum dikerjakan dengan cara berdiri jadi katub dalam system pencernaan tubuh belum sepenuhnya terbuka, sehingganya saat makanan atau minuman datang jadi sistem pencernaan bakal berusaha keras untuk mengolahnya apabila hal semacam itu tarus berjalan makin lama sistem pencernaan jadi lemah hingga lalu menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada seorang.

2. Rajin Melakukan Puasa Sunnah
Dalam menjalani hidupnya, Rasulullah SAW senantiasa melakukan Puasa Sunnah.
Selain puasa Ramadhan yang banyak dilakukan umat muslim, Rusulullah SAW juga melakukan puasa sunnah terutama pada hari Senin dan Kamis. 

Untuk umat muslim, selain memperoleh pahala nyatanya dengan cara medis juga puasa begitu punya pengaruh utama untuk kesehatan fisik serta psikologis seorang. Waktu berpuasa kemampuan organ badan bakal jadi lebih rilek serta tenang hingga emosi lebih gampang terkontrol serta fikiran jauh dari  rasa stress.

Dan dengan cara kesehatan fisik, puasa bakal mengontrol jumlah makanan serta minuman yang masuk ke dalam  tubuh jadi lebih teratur, serta tak berlebihan dengan hal tersebut jadi kemampuan organ pencernaan juga bakal berjalan seimbang.

3. Makan Memakai Tangan Kanan 
Walaupun semasa hidup Rasulullah Saw sudah mempunyai perlengkapan makan alami seperti bejana atau yang lain, tetapi waktu makan Rasulullah saw senantiasa memakai tangan kanan serta hal semacam ini jadi sunnah yang banyak diikut umat muslim.

Butuh di ketahui nyatanya hasil riset medis, tangan kanan yang bergerak pada saat makan syaraf otak kiri bakal tetaplah bekerja serta senantiasa aktif. Hal semacam ini berperan untuk melatih serta melindungi otak kiri menghasilkan fikiran yang lebih konsentrasi dan senantiasa aktif.

4. Keseimbangan Saat Istirahat Badan 
Dengan cara medis, badan begitu disarankan untuk beristirahat dengan cara cukup. Tahukah Anda nyatanya Rasulullah sudah menerapkan hal semacam itu semasa hidupnya. Lantas bagaimana Rasulullah SAW mengerjakannya?
Sehari-hari Rasullah Saw membagi saat dalam aktifitasnya serta tetap memberi keseimbangan supaya badan terpenuhi dalam beristirahat.

Nabi Muhammad SAW senantiasa membagi saat jadi 3 sisi, di mana 1/3 saat dipakai untuk bekerja masalah dunia, lalu 1/3 lagi dipakai untuk masalah akhirat (melaksanakan ibadah) serta 1/3 paling akhir dipakai untuk beristirahat.

Dalam kajian medis badan memerlukan saat istirahat sejumlah 8 jam dalam satu hari serta hal itu pastinya datang dari 1/3 saat beristirahat yang diaplikasikan oleh Rasulullah SAW dalam keseharinya.

5. Makan Sebelum Lapar serta Berhenti Sebelum Kenyang 
Selain, konsumsi makanan yang baik serta halal, Rasulullah sudah memberi teladan untuk hidup sehat lewat cara makan sebelum lapar serta berhenti sebelum perut terasa kenyang. Hal semacam ini bermakna seseorang diwajibkan untuk makan tak terlalu berlebih.

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai pokok bahasan kali ini, tentu ya masih banyak kekurangan karena keterbatasan referensi dan rujukan serta pengetahuan kami.

Subscribe to receive free email updates: