5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Ini Bakal Membuat Kalian Mencintai Jengkol,,!! Yuk Di Share Demi Kebaikan Petani Jengkol..!!

Jengkol dalam bahasa ilmiahnya Archidendron pauciflorum, atau Pithecellobium jiringa, adalah tanaman khas dibagian Asia Tenggara. Di Negara kita sendiri jengkol sudah menjadi primadona pada sebagian masyarakat.

Jengkol termasuk juga dalam tanaman polong-polongan. Bentuk buahnya berbentuk polong dengan kulit buah hitam. Dibagian dalam kulit biji jengkol dilapis kulit ari tipis coklat.

Jengkol mengakibatkan bau tidak sedap waktu buang air kecil atau bau mulut sesudah mengkonsumsinya, ditambah lagi jika dikonsumsi sebagai lalap tanpa ada di proses sebagai masakan.



Sudah pasti manfaat dari jengkol bisa didapat dengan gampang. Langkah pertama dapat dikerjakan dengan mengonsumsinya dengan cara langsung. Jengkol dapat juga dimasak jadi masakan lezat seperti semur jengkol serta rendang jengkol.

Ada beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan :

1. Untuk Diabetes 

Sembelit yang terus-terusan bakal membahayakan kesehatan badan lantaran sembelit bisa menyebabkan terjadinya kanker usus besar. Manfaat dari jengkol itu bisa didapat dengan konsumsi jengkol dengan cara segera. Manfaat jengkol untuk diabetes lantaran kandungan zat pada jengkol bisa membikin kandungan gula dalam darah bisa turun dalam kurun waktu yang pas.


2. menghindarkan anemia.

Penyakit ini berlangsung lantaran kekurangan zat besi. Jengkol memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yakni 4, 7 gr tiap-tiap 100 g jengkol.

3. Untuk Jantung 

Sudah pasti langkah menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi jengkol mesti disertai dengan gaya hidup yang sehat. Satu diantaranya dengan mengurangi makanan yang mempunyai kandungan zat gula tinggi. Bila Anda sering meminuman serta makan yang manis, jadi Anda bisa menggantinya dengan gula jagung. Dengan lakukan gaya hidup sehat, jadi manfaat dari jengkol bisa sangat maksimal.

Manfaat jengkol untuk jantung lantaran ada kandungan mineral yang tinggi pada jantung. Jenis penyakit jantung koroner lah yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jantung koroner berlangsung lantaran ada penyempitan pembuluh darah.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Jengkol memiliki sumber vitamin yang baik seperti vitamin A, B1, B2 dan vitamin C.
Pada jengkol berkisar 658 mg per 100 gram jengkol untuk kandungan vitamin A, yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Vitamin B2 dan B1 masing-masing membantu penyerapan protein dan menjaga kepekaan syaraf. Kandungan Vitamin C pada jengkol  80 mg per 100 gram, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

5. Pencegah Gigi Berlubang 

Jengkol kaya dengan kandungan fosfor.
Kandungan fosfor di dalam jengkol berkisar 166,7 mg per 100 gram jengkol. Hayo mau gigi berubang atau memilih makan jengkol.


Demikianlah paparan kami mengenai manfaat jengkol..
Semoga bermenfaat...
Terima kasih telah berkunjung ke halaman kami.. tolong di Share ya,,

Subscribe to receive free email updates: